Wellcome To My Blog

Thursday, August 14

McCain, Obama, dan Olimpiade Jadi Target Spam

Thursday, August 14, 2008 by Joe Spyder · 0 comments




McCain, Obama, dan Olimpiade menjadi target utama pada kampanye spam. Target ini dilakukan saat tingkat spam mencapai 78% dari semua pesan yang ada di Juli 2008.

Pada Juli 2007, spam hanya berjumlah 66% dari semua pesan. Peningkatan spam dari tahun 2007 ke 2008 mencapai 12%. Hal ini menunjukkan keengganan spammer untuk berhenti dari kampanye-kampanye spam mereka.

  • Laporan bulanan Symantec untuk Agustus 2008 mencatat tren-tren sebagai berikut:
  • Bullseye spammer: McCain, Obama, dan Olimpiade
  • Spam Berita Bohong tentang Perang Dunia Ke III
  • Makanan Super (Superfood) dan bagaimana cara cepat menghabiskan uang
  • Email Phishing dengan Target Microsoft POP3 Data
  • Munculnya Pesan Spam dalam Dua Bahasa
  • Spammer yang menawarkan rehabilitasi narkoba dan alkohol
  • Spam tentang pantauan ekonomi: Agustus 2008

Spammers’ Bullseye: Obama, McCain, dan Olimpiade

Dengan menggunakan berita kejadian terkini, misalnya perjalanan Obama ke Eropa, kampanye kepresidenan Amerika Serikat, dan antisipasi Olimpiade yang dimulai pada 8 Agustus di China, spammer terus membuat email spam yang menggemparkan untuk memikat pengguna agar membukanya.




Contoh terbaru dari serangan email spam jenis ini, penerima email membuka salah satu dari email ini, kemudian disuruh untuk meng-klik suatu link yang berisi malware. Spam jahat ini seringkali dibuat untuk menginfeksi komputer lain dengan virus dan Trojan.
 


Pada contoh observasi yang dilakukan Symantec selama Juli 2008, web pemerintahan seringkali dibajak oleh hacker untuk menaruh malware pada serangan ini. Penggunaan web pemerintahan seringkali menyulitkan untuk mencari jejak dari pembajak ini.

Spam Berita Bohong tentang Perang Dunia III
Spammer mengecoh pengguna internet dengan pesan spam yang berisi Trojan virus yang mengklaim bahwa Perang Dunia III telah dimulai setelah serangan US ke Iran. Tanda buruk ini telah terdeteksi sebagai Trojan.Peacomm oleh Symantec AV.


Tercatat email-email bertajuk: "Perang Dunia Ketiga telah Dimulai", "Tentara Amerika Menduduki Iran", atau "Negosiasi antara Amerika Serikat dan Iran berakhir dengan perang" ternyata berisi gambar video sebuah letusan bom yang bila diklik akan tertuju ke Trojan.



Makanan Super dan Cara Manghabiskan Uang dengan Cepat:
Tren spam seringkali meniru apa yang terjadi di budaya popular. Saat ini semua yang dialami tidak jelas dengan seringnya dijumpai berita tentang makanan super.

Pesan spam ini mengindikasikan bahwa produk makanan tersebut bisa dicoba dengan gratis. Dengan mendaftar pada penawaran tersebut, penerima email setuju untuk membayar USD74,95 per bulan ke rekening mereka. Untuk mencoba dan mendapat pesan dari penyaring spam, setiap pesan mengandung ratusan kata acak yang tersembunyi pada tag html.


Dengan demikian, tujuan dari pesan spam jenis ini adalah untuk mengumpulkan data pribadi penerima email yang percaya. Spammer menggunakan informasi ini untuk kampanye spam yang akan datang, atau juga menjual informasi ini ke kelompok lain.

Himbauan Hati2 dengan Spam :) :D

comments

0 Responses to "McCain, Obama, dan Olimpiade Jadi Target Spam"
:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir dan memberi komentar pada blog ini, Jangan jadi Spamer ya oke, karna komentar ada akan saya delete .