Wellcome To My Blog

Thursday, August 14

Infomasi tentang virus-virus yang masih trends

Thursday, August 14, 2008 by Joe Spyder · 2 comments

Sejak dikembangkan pada era 80-an, komputer membantu kerja manusia pada banyak bidang. Seiring bertambahnya kemampuan, "penyakit" yang menyerang pun semakin beragam. Penyakit yang lazim disebut virus itu juga semakin "kreatif." Berikut daftar virus-virus yang menghebohkan di zamannya.

1. Elk Cloner, 1982
Virus komputer ini yang kali pertama menyebar ke seluruh dunia. Mengopi dirinya sendiri melalui floppy disk yang diakses komputer dengan OS Apple II. Efeknya memang tidak sedahsyat virus-virus sekarang, namun cukup mengganggu. Virus tersebut menyebar begitu floopy yang terinfeksi dibuka. Sewaktu terkopi untuk ke-50 kali, di layar tampil puisi pendek yang cukup konyol bikinan pembuatnya. Mau tahu siapa? Dia adalah remaja berumur 15 tahun bernama Rick Skrenta.



2. Brain, 1986
Virus pertama yang menyerang DOS. Punya nama lain Lahore, Pakistani, Pakistani Brain, Brain-A, UIUC, serta the Pakistani Flu. Pembuatnya dua bersaudara asal Pakistan, Basit dan Amjad Farooq Alvi, yang juga pemilik tempat servis komputer.Brain mengganti boot sector dengan kopi dirinya. Efeknya, kerja floppy disk drive jadi lambat dan 7 kilobyte memori terbuang. Versi terakhir virus itu menampilkan nama, alamat, serta nomor telepon Alvi bersaudara. Juga pesan bahwa komputer sedang terkena virus. Untuk meyembuhkan, hubungi si pembuat virus.

3. Morris, 1988
Muncul ketika penggunaan komersial internet mulai marak. Dibuat Robert Tappan Morris, mahasiswa Cornell University. Sekali menyerang, virus itu tidak mengakibatkan kerusakan. Namun, ketika terinfeksi berkali-kali, komputer sama sekali tidak bisa digunakan. Parahnya, area penyebaran virus tersebut sangat luas. Di antara 60 ribu unit komputer yang terhubung ke internet, 10 persen bisa dipastikan terjangkit virus itu.

4. Melissa, 1998
Bikinan David L. Smith asal New Jersey. Punya nama lain Mailissa, Simpsons, Kwyjibo, atau Kwejeebo. Bekerja pada komputer dengan word processor Microsoft Word 97 dan Word 2000. Menggandakan diri dengan meng-email dirinya sendiri ke banyak pengguna internet melalui Microsoft Outlook 97 atau Outlook 98.

5. Love Bug, 2000
Terkenal dengan nama ILOVEYOU. Berformat VBScript, kali pertama ditemukan di Hongkong dan menyebar ke seluruh dunia hanya dalam sehari. Menyebar lewat email serta mengeksploitasi sifat dasar manusia yang selalu ingin tahu. Karena subject email adalah ILOVEYOU, sebagian besar orang dipastikan tertarik membuka.

comments

2 Responses to "Infomasi tentang virus-virus yang masih trends"
Anonymous said...
16 August 2008 at 10:07

Hi.....menakutkan !!!
Terus anti virusnya itu apa Om!
Untuk mengatasi virus itu semua?


Joe Spyder said...
16 August 2008 at 11:53

(tutorial joomla).. Tenang mas Asal anti virus mas suka di update, maka virus-virus di atas bisa di basmi, dan jangan sembarang colokin USB, kalau anti virus antaranya AVG.8.0 Sama Kaspersky, sama suka update OS. minimal 1 minggu 1 kalilah..


:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir dan memberi komentar pada blog ini, Jangan jadi Spamer ya oke, karna komentar ada akan saya delete .