Wellcome To My Blog

Tuesday, July 1

Jaga Kesehatan ngebelog lancar terus

Tuesday, July 01, 2008 by Joe Spyder · 0 comments

Bagi blogger sejati, biasanya duduk berlama-lama di depan komputer adalah hal yang ga bisa dihindari. Soalnya arena tempur para blogger ya di depan komputer. Entah itu di warnet, rumah, atau kampus. Kadang saya pernah duduk selama 6 jam lebih. Mungkin dari sisi produktifitas, blogger seperti ini akan menghasilkan banyak tulisan. Dan kadang juga imbasnya semakin meningkatnya penghasilan (bagi yang making money oriented).

Tapi ada satu hal yang banyak dilupa. Kesehatan Blogger itu sendiri.

Hal ini pernah terjadi padaku beberapa bulan yang lalu. Ketika hobi ngeblog sedemikian kuatnya, bisa seharian duduk di komputer terus. Dan pernah satu hari tulang punggungku mulai dari leher ampe panggul sakit. Mungkin kelamaan duduk kali. Tapi ya setelah itu aku mulai hati-hati. Karena kebanyakan duduk itu ga bagus bagi kesehatan. Bisa-bisa ginjal kita nanti rusak gara-gara kebanyakan duduk dan kurang minum.

Karena itulah tulisan ini aku buat, berharap agar blogger Indonesia tak hanya profuktif, tapi juga sehat. Ini tipsnya :

#1. Minum, Minum dan Minum

Yah, ini wajib bagi orang yang kebanyak duduk di depan komputer. Walaupun kita tak merasa haus, sebaiknya konsumsi cairan harus terus diberikan. Minimal setiap 30 menit. Semakin sering semakin baik. Karena hal ini mampu memperingan kerja ginjal kita.

Saya sarankan sih untuk meminum air putih aja. Jangan suka minum yang bersoda atau sejenisnya. Karena bagaimanapun juga, air putih lebih baik dari minuman apapun. Ginjal akan senang dengan air putih. Karena mengolah air putih itu lebih mudah daripada mengolah cairan-cairan lainnya.

Biasakan kalau ke warnet, selalu membawa air putih dalam botol. Selain menghemat uang, minum air putih dalam botol juga praktis. Karena itu, pilihlah warnet yang menyediakan WC juga. Soalnya kalau sering minum, pasti sering buang air juga kan ?

#2. Berdiri dan Gerak setiap 30 Menit

Nah, ini juga penting. Jangan sampai kita duduk terus berjam-jam. Biasakan setiap 30 menit selalu bergerak-gerak. Misalnya berdiri, jalan (ke toilet misalnya), goyangkan badan ke kanan kekiri, dll. Pokoknya harus gerak. Jangan diem terpaku pada monitor dan keyboard.

#3. Cari posisi duduk yang enak

Posisi duduk juga harus kamu perlu diperbaiki. Sebaiknya cari kursi yang ergonomis. Dengan bantalan yang empuk namun padat lebih bagus. Sehingga punggung benar-benar bersandar dengan baik. Kalau sofa emang lebih empuk, tetapi biasanya kita akan terduduk dengan jauh dari keyboard dan monitor. Sehingga akan kesulitan kalau ngetik.

Kalau duduk di kursi, buat kaki kamu senyaman mungkin. Misalnya dengan memberikan ganjalan di kaki. Jadi kaki bisa rileks juga.

#4. Monitor LCD

Mungkin udah banyak dari kita yang menggunakan monitor LCD (Layar Datar). Yang udah pernah pake pasti tau perbedaannya dibandingkan monitor tabung (CRT). Memang gelombang yang dihasilkan oleh monitor tabung lebih besar daripada monitor LCD. Sehingga ini lebih bagus buat mata kita. Mata kita pun tak cepat lelah dan kering.

Bagi yang belum punya, sebaiknya beli deh. Udah mulai murah kok. Lagipula manfaatnya untuk jangka panjang bagi kesehatan kita.

#5. Jaga waktu istirahat

Nah, tips yang ini kayaknya dikhususkan buat para warnet lovers.. hehehe. Tau kan kenapa ? Soalnya bagi mahasiswa dan pelajar yang berkantung pas-pas an biasanya akan mengakses internet tengah malam. Lebih murah dan cepat tentunya. Kadang ada yang bergadang hingga pagi.

Kalau tidak terbiasa, maka tubuh akan berontak. Bisa-bisa kita akan sakit, karena jam biologis tubuh tidak dipatuhi dengan baik oleh si manusia. Kalau bisa, janganlah bergadang kalau ga perlu-perlu amat.

Mungkin itu tips yang bisa saya kasih ke kalian. Mudahan bermanfaat. Jadi, ngeblog jalan, kesehatanpun tetap terjaga. Kalau ada yang pernah sakit gara-gara ngeblog, bisa diceritain. Aku mau denger. Siapa tahu bisa jadi pengalaman buat blogger lainnya…
Ayo ngeBlog !

Sumber : ngeblog

comments

0 Responses to "Jaga Kesehatan ngebelog lancar terus"
:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir dan memberi komentar pada blog ini, Jangan jadi Spamer ya oke, karna komentar ada akan saya delete .